Jumat, 25 Oktober 2019

Ayo Rekreasi Asyik di Wahana Dufan Ancol Jakarta

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Suka memanjat alat angkut yang melahirkan adrenalin? Kalau iya, awak wajib berikhtiar keseruan dari wahana Dufan Ancol atas di area ini ada beraneka macam ala model wahana yang ada cerapan yang berbeda-beda. Buat yang tak memiliki keberanian lebih, sedia juga kenapa alat yang bisa kamu jika hanya untuk seru-seruan.


Dunia Fantasi alias yang dikenal dengan Dufan ialah halaman ladang hiburan yang berlokasi di berjalinan Taman Impian Jaya Ancol yang memadai populer di kalangan wisatawan. Tentunya, alat angkut Dufan Ancol yang menjadi alpa eka daya tarik terbesar bagi orang-orang yang embuh berkunjung ke sini.

Taman intermezo ini ada bambang yang mencapai 9,5 hektar dengan coret-coretan outdoor. Jadi, tidak heran jika diperoleh berlimpah alat di ruang ini.

Selain wahana, di dalamnya jua dibagi jadi kaum wawasan yang didirikan dengan arah buat membujuk imajinasi para pengunjung. Ada beraneka macam hawa kawasan yang bisa kamu temukan di tempat ini.

Salah satunya merupakan hawa nusantara. Saat mengunjunginya, awak akan diajak mengharapkan impresi berjalan-jalan di Jakarta tempo dulu.

Selain nusantara, sedia jumlah cuaca lainnya yang pastinya akan memajukan kekagumanmu, di antaranya merupakan hawa Eropa, Yunani, Amerika, Asia, dengan beda sebagainya.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Kalau awak gandrung mendatangi dan berikhtiar wahana Dufan Ancol, langsung aja mari mencerap penerangan selengkapnya berikut ini.

Ragam Wahana Dufan Ancol
Mencoba wahana Dufan Ancol melahirkan arah baku karet pelawat buat menghadiri halaman ladang lipuran ini. Sebagai informasi, wahana di sini dibagi jadi beberapa tingkatan, adalah Water Ride, Family Ride, Children Rides, dan Thrill Ride.

Kalau penasaran sama alat segala apa aja di masing-masing tingkatan tersebut, baca rangkumannya berikut, ya.


Water Ride
1. Arung Jeram

Kalau kamu nggak punya kegagahan alias belum punya giliran buat ke atas malayari air lata yang asli, awak bisa cobain alpa eka wahana Dufan Ancol ahad ini. Saat menaiki melalui jeram yang berbentuk bulat, awak bakal diajak buat mengitari batang air sepanjang 325 meter dengan cucuran yang lumayan deras.

Walaupun cuma tiruan, sensasinya bagaikan menaiki malayari air terjun sungguhan. Satu malayari jeram bisa dinaiki oleh delapan orang. Jadi, bakal amat cocok dicoba bersama para sahabat untuk seru-seruan.

2. Niagara Gara

Niagara Gara ialah wahana perahu luncur yang patut kamu coba era berkunjung ke Dufan. Kamu akan diajak buat meluncur dari kebesaran dengan mengikuti aliran air.

Klimaksnya, perahu bakal mengajakmu buat naik setinggi 20 meter, kemudian melunjur bebas ke bawah. Menaiki wahana ini sensasinya bagai gelincir dari Air Terjun Niagara yang sedia di Amerika.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

3. Ice Age Arctic Adventure

Perlu anda ketahui kalau Ice Age Arctic Adventure melahirkan alat bertema es yang perdana kali ada di Asia. Kalau anda adalah salah ahad penggemar gambar hidup animasi Ice Age, maka awak harus mencoba alat ini.

Di film animasi tersebut, diceritakan adanya cara pencairan es di Kutub Utara. Nah, di Ice Age Arctic Adventure ini, awak jua bisa iring menjumpai jalan peleburan es tersebut.

Selain itu, ada hal hebat lainnya yang bisa kamu nikmati, adalah dark ride. Lewat dark ride, anda akan diajak buat berpertualang dengan ditemani beraneka macam akibat spesial dan teknologi canggih yang badar kejutan.

Di sini, anda jua bakal menjumpai impresi dingin bagai sedang berada di Antartika sungguhan. Terdapat juga beberapa contoh hewan purba yang dibuat seolah-olah membayangkan hidup dan tentunya hendak memajukan impresi bengkak dengan keseruan tersendiri saat anda menikmati alat ini.

 

Family Ride
1. Istana Boneka
Ke Dufan dukung ananda kecil? Istana Boneka ialah kesukaan yang tepat awak datangi karena ruang ini selalu menjadi idola di kalangan anak-anak.

Istana Boneka terletak di kawasan Eropa yang bisa dinikmati ayu ananda kecil maupun anak Adam dewasa. Di sini, kamu hendak diajak ke atas perahu melewati terowongan yang di pinggir kanan kirinya diperoleh beragam bagai boneka yang berpakaian etiket Indonesia dengan baju lain yang mencerminkan budaya dari berbagai negara.

2. Bianglala
Meskipun bukan alat baru Dufan, bianglala ajek jadi alpa ahad alat angkut kesayangan alokasi karet pengunjung. Bianglala adalah jentera berukuran besar yang hendak membawamu buat memandang pemandangan bagus dari keagungan yang mencapai rendah kian 30 meter di atas permukaan laut.

Kapasitas dari Bianglala ini bisa buat 180 orang. Tentunya hendak jadi alpa satu alat yang harus dicoba bersama orang-orang terdekatmu.

 

3. Rumah Miring
Rumah Miring ialah salah ahad wahana Dufan Ancol yang tak mengandalkan tenaga mesin seperti yang lainnya. Tempat ini mengusung konsep rekayasa rancang konstruksi yang bakir memanipulasi indera penglihatan.

Saat bersetuju dan berkeliling di dalamnya, anda hendak membesuk setiap benda yang terdapat di bangunan ini terlihat miring. Melihat hal tersebut, biasanya hadirin sedia lagi yang bakal berjalan sangat hati-hati dan berpegangan karena seakan-akan benda-benda itu akan anjlok menimpanya.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

4. Poci Poci
Ingin mengharapkan sensasi bersetuju ke dalam gelas? Kamu bisa merealisasikan keinginanmu itu dengan bertambah Poci Poci.

Tak hanya diajak duduk diam begitu saja, siap cerapan seru yang bisa kamu dapatkan dengan membawa gelas raksasa ini. Karena ia akan mengajakmu berputar-putar mengelilingi sebuah cerek alias buyung yang ukurannya sangat besar.

5. Ontang Anting

Ontang Anting ini berisikan banyak kursi sampai yang hendak melanting hadirin seakan bablas di udara. Meskipun kayanya menegangkan, tapi alat ini tak termasuk di kategori ekstrim.

Jadi, Ontang Anting berpangkat cukup damai untuk dinikmati ayu orang dewasa maupun anak-anak.

6. Burung Tempur
Burung Tempur melambangkan cacat ahad wahana Dufan Ancol yang lagi jadi kesayangan anak-anak. Anak-anak bakal diajak untuk berputar 360° dengan mengawang hingga keagungan yang mencapai 25 meter.

Tempat yang mengatur duduki bisa dinaik turunkan menurut manual. Jadi, bawah umur jua bisa bertambah sekali lalu ditemani orang tuanya. Oya, wahana Burung Tempur ini berkapasitas buat 28 orang.

7. Rajawali
Saat berupaya rajawali, secara tidak terus kamu lagi sekalian belajar pelajaran fisika. Loh, kok bisa? Jadi, alat angkut ini menerapkan bidang Fisika berupa denyut melingkar dengan sistem katrol.

Lewat Rajawali ini, awak akan diajak buat berputar-putar di ketinggian yang mencapai 25 meter. Saat berada di kebesaran tersebut, anda lagi bisa menikmati pemandangan dengan merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

8. Gajah Beledug

Gajah Beledug sebenarnya hampir sama dengan wahana Rajawali, sama-sama bisa membawamu amblas di ketinggian. Bedanya, ketinggiannya bertambah aib dari Rajawali.

Saat ke atas Gajah Beledug ini, kamu sekadar akan diajak untuk berputar-putar saja. Walaupun begitu, bawah umur absolut akan menyukainya akibat alat angkut ini berbentuk bidak yang banyak lucu.

9. Turangga Rangga
Turangga Rangga ini faktual ada kalanya kamu temukan di taman intermezo lain. Di area lain, permainan semacam ini bertambah dikenal dengan sebutan akrobat putar.

Anak-anak aman akan sangat acap dengan permainan ini. Mereka bakal diajak berputar dengan memanjat kuda kesukaannya.

10. Baku Toki
Kamu tahu atraksi bom bom car? Nah, Baku Toki ini adalah nama lain dari mainan tersebut.

Selain Baku Toki, ada lagi nama beda yang lagi populer, ialah mobil senggol ataupun bumper car. Terdapat delapan mobil Baku Toki yang beres buat dikendarai dengan ugal-ugalan.

Jangan takut andaikata menyenggol ataupun melanda mobil lain, karena inilah alamat orang-orang menaikinya. Kamu bisa mendapatkan keseruan dengan bersenang-senang dengan mengendari Baku Toki ini.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

11. Alap Alap

Alap Alap adalah versi lain dari alat angkut Halilintar. Tetapi, tak bagai geledek yang menyeramkan, bisa dibilang alat ini adalah duplikat dari Halilintar yang damai dan tak menyebabkan jantungan saat menaikinya.

Rel lintasannya jua tidak serumit Halilintar. Jika Halilintar lintasannya panjang dengan cuma berputar banget saja, Alap Alap memegang lintasan yang lebih pendek dengan sekali bertambah anda hendak diajak berputar tiga kali.

12. Kalila Adventure
Kalila Adventure ini melambangkan sebentuk kooperasi dari lima anasir teknologi canggih. Kelima anasir tersebut merupakan musical showbiz, animatronic theatre, film, sound and special effect, dan science.

Di sini, kamu bisa alam pertunjukan yang asak dengan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan cerita yang menarik. Pastinya akan banyak cocok dinikmati bersama keluarga.

 

13. Fantasy Light Magic of Dufan
Fantasy Light Magic ialah sebentuk daerah taman yang berkonsep digital lights. Saat bersarang ke area bustan ini, awak bakal dimanjakan dengan beraneka ragam duplikat pepohonan dengan beraneka macam ala jenis binatang yang bisa mengucurkan cahaya.

Di sini, anda jua bisa alam multimedia show yang digelar di alat Fantastique. Oya, tidak bagai yang lainnya, area ini di buka setiap hari dari pukul 18.00 berbatas 20.00 WIB saja.

14. Treasure Land Temple of Fire
Treasure Land Temple of Fire berlokasi di Panggung Maxima Dufan. Wahana ini merupakan sebentuk pagelaran teater pementasan Live Action Stuntman Show. Pertunjukan ini menunjukkan sebuah pergelaran yang atraktif sekali lalu menegangkan.

Atraksi tersebut dilakukan oleh getah perca stuntman ahli yang didatangkan langsung dari kaum negara, adalah Tiongkok, Jerman, Brasil, dan Amerika Serikat.

15. Hello Kitty Adventure
Kamu dengan adik ataupun ponakan kecilmu suka Hello Kitty? Langsung aja singgah ke Hello Kitty Adventure. Di area ini, awak hendak bertemu langsung dengan huruf meong imut yang identik dengan pita berwarna merah.

Wahana keluarga ini didirikan dengan arah buat melampiaskan getah perca penggemar Hello Kitty. Kamu hendak diajak memandang-mandang sekaligus bergambar dengan reca Hello Kitty yang ada. Ruangannya juga didominasi dengan warna pink.

 

Children Ride
1. Ubanga Banga
Buat anak-anak yang berkenan sama mobil-mobilan, alat angkut Dufan Ancol satu ini amat cocok buat didatangi. Permainan ini aktual nyaris sama dengan Baku Toki, hanya saja mobil-mobilnya didesain sedemikian rupa agar bahagia untuk dinaiki ananda kecil.

Ubanga Banga ini juga dilengkapi dengan pengaman, sehingga detik bawah umur berbalas-balasan membenturkan mobilnya, mengatur bakal konsisten terlindungi dengan tak hendak terluka. Namun, mainan ini cuma bisa dinaiki oleh bawah umur dengan tinggi minimal 125 cm, ya.

2. Dream Play Ground
Dream Play Ground melahirkan wahana mainan bawah umur terbesar yang sedia di Indonesia. Luasnya seorang diri mendapatkan 900 m2.

Area permainan anak cucu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tentunya amat disukai si kecil. Di antaranya ialah trampoline, wall climbing, futsal games, sang pool, soft play toys, play panel, block puzzle, education toys, sliding ride, dengan mini rides.

Thrill Ride
1. Tornado
Kalau kamu acap permainan yang bangkang adrenalin, cobalah buat ke atas Tornado. Rasakan cerapan bertunggang balik di ketinggian.

Para pembonceng Tornado ini duduk di bangku yang berbanjar dengan saling memunggungi dengan daya serap buat 40 orang. Gimana, tertantang untuk mencobanya?

2. Halilintar

Halilintar adalah sebentuk wahana yang juga saya ingat dengan sebutan roller coaster. Lintasannya dibuat amat rumit dan berliku-liku, sehingga membuat Halilintar dapat melintas dengan berputar-putar dan bertentangan dengan kecepatan tinggi.

3. Hysteria

Selain duet mainan di atas, Hysteria juga melahirkan alpa satu wanaha ekstrim yang bisa kamu jika buat memandu nyali. Jangan heran kalau berlimpah anak Adam yang menaiki mainan ini segala berteriak ketakutan.

Pengunjung akan dilemparkan ke tempat dalalam waktu singkat dengan kemudian balik anjlok ke bawah dengan amat cepat. Proses pelemparan dan kembali turun ini akan dilakukan berulang-ulang. Jadi, siapkan mental dengan fisikmu sebelum menaikinya.

4. Kicir Kicir

Kicir kicir ataupun yang dikenal jua dengan nama Power Surge ini bakal membawa hadirin berputar 360° yang berputar dari kaki (gunung) sampai ke atas. Tak sekadar berputar saja, kamu jua hendak mengharapkan sensasai dipelintir sambil gelincir dengan kecepatan tinggi.

5. Ombang Ombang
Ombang Ombang melahirkan salah ahad alat Dufan Ancol yang juga berjibun ditemukan di beberapa halaman ladang hiburan lain. Namun, sebutannya sedikit berbeda, saya kian mengenalnya dengan nama Ombang Ambing.

Dapatkan Harga Promo Ancol Dufan Call : 0821 2543 2398 , cek klik sini

Seperti namanya, saat menaikinya anda seolah-olah diombang-ambingkan oleh ombak. Sambil terombang-ambing, anda lagi bakal menjumpai sebuah goncangan yang amat dahsyat.

6. Kora Kora

Kora Kora adalah sebuah perahu besar yang bakal melayangkan para penumpangnya ke arah depan dengan belakang. Awalnya, ayunannya akan terasa pelan, tetapi lama kelamaan berubah jadi amat kencang. Bahkan, ayunannya bisa mengaras kemiringan batas 90°.

7. Pontang Pontang
Cara kerja dari salah ahad alat angkut Dufan Ancol ini sebenarnya cukup sederhana, hanya berputar-putar saja. Namun, yang membuat duga ngeri adalah awak hendak merasa bagaikan terbanting ke kiri dan ke kanan detik Pontang Pontang ini berputar.

Kamu lagi akan menjumpai hendak bertabrakan dengan yang lainnya. Tapi adem saja, ini hanyalah sebuah ilusi saja, kamu tak betul-betul akan menabrak atau ditabrak, kok.

Baca juga: Bocoran Seru biar Kunjunganmu ke Tempat Wisata Candi Prambanan Jadi Lebih Maksimal

Cara Menuju ke Dufan Ancol


Tempat intermezo Dunia Fantasi ini berlokasi di Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Letaknya pula terbilang cukup strategis dengan mudah dijangkau, apik itu memakai awak meskipun moda pemindahan umum.

Nah, andaikata kamu masih belum tahu bagaimana caranya ke kian menggunakan kendaraan badan alias pengangkutan umum, simak penjelasannya di kaki (gunung) ini.

1. Kendaraan Pribadi
Kalau awak datang dari arah Banten, awak bisa sampai ke area seputar ahad beker apabila hal lalu lintasnya lancar. Jarak tempuhnya seorang diri kurang lebih ialah 34 km.

Rute yang bisa ambil dimulai dari Jalan H. Rasuna Said Tangerang dengan dilanjutkan dengan bersetuju ke Tol Jakarta/Tangerang – Jalan Pantura – Tol Merak/Jakarta – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jalan Lodan Raya – Dunia Fantasi.

Untuk yang berawal dari Bekasi, jangka ganti rugi mengabah ruang intermezo ini seputar 35 km. Rutenya sorangan dimulai dari Tol Lingkar Timur – Tol Tj. Priok – Jalan Enggano – Jalan R.E. Martadinata – Dunia Fantasi.

Dari cita-cita Depok, rutenya bisa dimulai dari Jalan Krukut Raya – Jalan Pangkalan Jati – Jalan RS Fatmawati – Tol Pondok Pinang/TMII – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jalan R.E. Martadinata – Dunia Fantasi.

Jika kamu asal dari Bogor, jangka Kota Bogor sampai area rendah lebih adalah 70 km. Rute yang bisa kamu gunakan dimulai dari Tol Jagorawi – Tol Cililitan 2 – Jalan Pulomas/Cawang – Tol Ir. Wiyoto Wiyono – Tol Pelabuhan – Jalan Lodan Raya – Dunia Fantasi.

Sedangkan buat yang ada dari Bandung, kamu bisa mengambil rute mulai dari Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Cipularang – Tol Jakarta/Cikampek – Tol Lingkar Luar Timur – Tol Lingkar Luar Timur – Tol Tj. Priok – Jl. Enggano – Jl. R.E Martadinata – Dunia Fantasi. Jarak dari Kota Bandung sekitar 165 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih duet beker andaikata arkian lintas lancar.

2. Transportasi Umum
Di Kota Metropolitan ini, hendak ada berlimpah sekali kesukaan moda pemindahan awam yang bisa kamu gunakan untuk bisa sampai ke Dunia Fantasi Ancol. Beberapa di antaranya ialah bus Transjakarta, bus metropolis reguler, dengan KRL.

Kalau ingin ke atas Transjakarta, awak bisa bertambah bus Koridor 1 dan Koridor 5. Bus tersebut hendak langsung mengantarkanmu mengabah halte Ancol.

Kalau ke atas bus kota, naiklah bus arah Blok M – Ancol. Namun, andaikata anda asal dari cita-cita Bekasi, awak bisa naik bus Mayasari Bhakti 27 (AC) abah Bekasi Barat – Mangga Dua. Setelah itu dilanjutkan dengan naik mikrolet M15 atau M15 A dengan berdansa di pintu utama Ancol.

Sedangkan andaikan awak bertambah KRL, ada beberapa alternatif bertimbal dengan hadap kedatanganmu. Jika ke atas KRL dari Bogor, anda bisa berdansa di Stasiun Kampung Bandan dan dilanjutkan dengan naik mikrolet M15 atau M15A.

Untuk KRL dari Bekasi, turunlah di Stasiun Jakarta Kota dan dilanjutkan naik mikrolet M15 atau M15A. Dan buat KRL dari Serpong, kamu layak transit di Stasiun Tanah Abang kalakian dilanjut naik KRL jurusan Stasiun Kampung Bandan. Sama bagaikan yang lainnya, lanjutkan jua dengan naik mikrolet M15 alias M15A dan turun di pintu elementer Ancol.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Dufan
Untuk jam buka Dufan dibedakan berdasarkan harinya, setiap musim Senin cukup Jumat buka mulai dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan buat musim Sabtu dengan Minggu buka dari dari getok 10.00 cukup 20.00 WIB.

Pembelian kartu Dufan hanya akan dilayani berbatas dengan ahad jam sebelum arloji operasional berakhir. Untuk itu, bertambah baik datanglah kian awal dengan tidak terlalu sore biar anda bisa puas berpetualang di taman hiburan ini.

Harga tiketnya juga dibedakan berdasarkan hari. Untuk Senin sampai Jumat dikenakan bayaran Rp200.000/orang, sebaliknya untuk musim Sabtu dengan Minggu tarifnya dibanderol Rp295.000/orang.

Kalau dirasa terlampau mahal, awak bisa rajin-rajin memantau website resminya Taman Impian Jaya Ancol. Di kaum kesempatan, biasanya pihak Dufan melahirkan promo, di mana harga tiket Dufan promo biasanya bertarif bertambah aib dibandingkan bayaran normal.

Oya, buat awak yang berhasrat dalam setahun akan sering menghadiri halaman ladang lipuran ini, ada kaidah hemat yang bisa kamu lakukan. Belilah karcis annual pass dengan harga Rp325.000/orang. Dengan memanfaatkan tiket annual pass, semasa satu tahun semenjak membelinya kamu akan bebas mendatangi halaman ladang hiburan ini sonder layak melunasi karcis lagi.

Karena objek liburan ini bersarang ke pada alun-alun Impian Jaya Ancol, anda jua layak membayar karcis bersarang pintu gerbang Ancol. Untuk individu dengan otomobil layak melunasi Rp25.000, buat aktivis Rp15.000, dengan untuk bus sebesar Rp45.000.

Tips Berwisata ke Dufan Ancol
Kalau anda tertarik untuk mencoba wahana Dufan Ancol, siap baiknya buat menyimak jumlah tips beserta mudah-mudahan liburanmu terbebas dari kendala.

Karena Dunia Fantasi ini melahirkan halaman ladang lipuran dengan corat-coret outdoor, maka kebayang kan gimana panasnya tempat ini? Ada baiknya pakailah pakaian yang nyaman dan encer menyerap keringat. Hindari memakai baju gelap karena bakal lebih terasa berbahaya jika terkena sinar mentari daripada busana warna terang.
Jangan abai angkat baju ganti. Apalagi kalau awak berhasrat berupaya alat yang mengharuskanmu untuk berbasah ria. Kalau tidak, kamu layak beres menanggung resiko bersarang angin karena seharian memanfaatkan baju basah.

Kalau tidak ingin berdesak-desakan dengan tamu beda dan menghindari antrian panjang, kamu bisa datang atas yaum kerja. Karena biasanya pada musim libur atau final pekan, ruang ini hendak dipenuhi oleh wisatawan.
Kalau bisa, bawalah bekal seorang diri dari rumah. Karena nyaris sarwa makanan dengan minuman yang dijual di tempat ini harganya berkali-kali lepit dari harga normal.
Karena halaman ladang hiburan ini memadai luas, kamu bisa rajin mengawasi atlas wahana Dufan Ancol yang ada di beberapa bercak agar encer menemukan alat angkut yang diinginkan dan tak tersesat saat mencarinya.

Jika ingin berhemat, kamu bisa rajin-rajin cek website Agen resmi Dufan Ancol buat mencari penerangan tentang promo karcis masuknya. Karena atas kaum kesempatan, biasanya siap promo eksklusif dengan awak bisa melunasi harga tiket kian hina dari semestinya.
Sebelum mengunjunginya, nir- lupa untuk periksa skedul beroperasinya wahana Dufan Ancol. Karena siap kaum wahana yang cuma beroperasi pada arloji definit saja.

Waktu terbaik untuk ada ke ruang lipuran ini ialah bukan ala era musim hujan. Karena era hujan abu turun, beberapa wahanya tidak akan dioperasikan demi keselamatan pengunjung.

Kata Kunci : Tiket Promo Ancol, Tiket Dufan Promo, Agen Ancol Promo Serang, Agen Dufan Promo Serang, Tiket Promo Anco Dufan, Agen Ancol Promo Cilegon, Agen Dufan Promo Cilegon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar